Penanaman Nilai Toleransi Beragama Mata Pelajaran Aswaja di Sekolah sebagai Pilar Perdamaian Dunia

Main Article Content

Milla Ahmadia Apologia
Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
Muzamil Muzamil
STAI Taswirul Afkar Surabaya

Artikel ini mengulas tentang bagaimana penanaman toleransi dalam nilai Aswaja di sekolah sebagai pilar perdamaian dan perdaban bangsa. Indonesia yang merupakan Negara majemuk memiliki potensi konflik intoleransi antar umat beragama baik konflik internal sesama muslim misalnya perbedaan pemahaman aktualisasi peribadatan maupun eksternal antar umat beragama seperti polemik pendirian rumah ibadah dan sebagainya. Nilai nilai toleransi dalam Aswaja disinyalir secara kuat dapat mencegah intoleransi dengan menguatkan rasa persaudaraan (Ukhuwah). Dalam Nahdlatul Ulama’ ada sebuah rumus dalam Qonun Asasi tentang bagaimana konsep ukhuwah itu dipahami: ukhuwah Islamiyah, wathoniyah dan bashariyah. Nilai toleransi dalam aswaja itulah yang menjadi ruh konsep ukhuwah dalam Nahdlatul Ulama. Strategi penanaman nilai toleransi yang mendasar adalah melalui jalur pendidikan di sekolah. Penanaman nilai toleransi di sekolah dari bingkai kurikulum dapat diinternalisasi melaui Pertama; kegiatan pembelajaran Intrakurikuler pembelajaran Aswaja. Kedua;  pembentukan iklim budaya sekolah melalui pengamalan tradisi amaliah aswaja. Ketiga; penguatan Profil Pelajar Rohmatal lil alamin atau Profil pelajar pancasila pada nilai kebinekaan global. Terbentuknya nilai toleransi antar umat beragama yang dimulai di bangku sekolah akan menjadi pilar terciptanya perdamaian dan perdaban dunia.


Keywords: Aswaja, toleransi, ukhuwah, sekolah, perdamaian
Arifin, B. (2016). IMPLIKASI PRINSIP TASAMUH (TOLERANSI) DALAM INTERAKSI ANTAR UMAT BERAGAMA. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 1(2), 391–420. https://doi.org/10.25217/jf.v1i2.20

Devi, D. A. (2020). Toleransi Beragama. Alprin.

Lubaba, N. (n.d.). View of ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Retrieved January 29, 2023, from https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/576/354

Nur Aini, R. (n.d.). Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Nahdlatul Ulama dalam Pembentukan Karakter | IERA, Islamic Education and Research Academy. Retrieved January 29, 2023, from http://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/iera/article/view/461

Permana, D. (2021). FIKIH TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF JAM’IYYAH NAHDLATUL ULAMA (NU). PROSIDING MUKTAMAR PEMIKIRAN DOSEN PMII, 1(1), Article 1.

Ukhuwah. (n.d.). nu.or.id. Retrieved January 29, 2023, from https://www.nu.or.id/nasional/ukhuwah-SRif7

Wejidi, W. (2023). Eksistensi Peran Pendidikan Aswaja Dalam Membentuk Karakter Pelajar Indonesia. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2027