Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran (Studi Kasus Di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang)

Main Article Content

Wahyu Styabudi
Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Sunan Giri Surabaya
Yuliastutik Yuliastutik
Universitas Sunan Giri Surabaya

Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang (2) Bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh. Tujuan penulisan dalam tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang. (2) Untuk mengetahui penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang yaitu dengan mengklasifikasikan siswa/santri untuk memasuki jilid sesuai dengan kemampuan masing-masing santri. Hal tersebut berguna agar siswa dapat belajar sesuai kemampuan yang dimiliki, selain itu memilih asatidz pendamping Al-Qur’an yang disesuaikan dengan kemampuan asatidz tersebut dan benar-benar mampu mengajar pada jilid yang akan diajarkan, serta selalu mengadakan program evaluasi pada pembelajarannya. (2) Penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang yaitu penyampaian materi menggunakan teknik klasikal, baca simak klasikal, dan sorogan individual. Menerapkan hafalan surah pendek dan surah pilihan sesuai target setiap jilid dan menerapkan lalaran surah pendek secara klasikal disetiap akhir pelajaran.


Keywords: Metode Yanbu’a, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Al-Quran
Akhyak, 2005, Profil Pendidikan Sukses, (Surabaya: ELKAF)
Alim Muhammad, 2011, Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Aminuddin dkk, 2005, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum, (Bogor: Ghalia Indonesia)
Amiruddin Zen, 2009, Ushul Fiqh, (Jogyakarta: Teras)
Anwar Rosibon, 2000, Ulumul Qur’an (Bandung: Pustaka Setia Bandung)
Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi vi, (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Arwani Ulin Nuha,dkk, 2006. Bimbingan Cara Mengajar Thoriqoh Baca Tulis Dan Menghafal Yanbu’a, (Kudus, Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus)
Azra Azyumardi, 2002, Ensiklopedi Islam, jilid 4, (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve) cet.4
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, 2010, Teori Belajar & Pembelajaran. (Yogyakarta: Ar-Ruzz)
Departemen Republik Indonesia, 2009, Al-Qur’an dan Terjemahnya. (Bandung: Sigma Examedia Arkanleema,)
Djamarah Syaiful Bahri & Aswan Zain, 2001, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA)
Fathurrahman Muhammad dan Sulistyorini, 2012, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras)
Gani A Bustani, 1986, Al-Qur’an Sebagai mu’jizat dan budayat, (Jakarta: PT. Pustaka Litera Antar Nusa,) cet 1.
Hamalik Oemar, 2003, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara)
Hamalik Oemar, 2007, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,)
Hamalik Oemar, 2009, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta: Bumi Aksara)
Haryanto, 2006, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta Jakarta)
Hasan Iqbal, 2004, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik,(Jakarta: Bumi Aksara)
Juwariyah, 2010, Hadis Tarbawi, (Yogyakarta: Teras)
Khon Abdul Majid, 2011, Praktikum Qira’at Keanehan Membaca Al-Qur’an Qira’at Ashim Dari Hafash (Edisi Revisi), (Jakarta: Sinar Grafika Offset)
Komsiyah Indah, 2012, Belajar dan Pembelajaran. (Teras: Yogyakarta)
Kurniawati Heni, 2008, Efektifitas Metode Yanbu’adalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Tamrinus Shibyan Karangrandu Pecangaan Jepara, (Semarang: IAIN Walisongo Semarang)
M Zainal Arifin, 2011, Mengenal Mushaf Al-Qur’an Standart Ustmani Indonesia, suhuf, Vol. 4, No. 1,
Ma’arif Ahmad Syafi’I, 1999, Pendidikan Perspektif Al-Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset)cet. 1
Majid Abdul, 2006, Perencanan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset)
Malik Imam, 2005, Psikologi Umum (Sebuah pengantar). (Surabaya: Lembaga Kajian Agama dan Filsafat (ELKAF)
Masduki, 2010, Modul: Praktikum Baca Tulis Al-Qur’an, (Tulungagung: Pusat Laboratorium dan Praktikum Terpadu,)
Maunah Binti, 2009, Landasan Pendidikan. (Yogyakarta: Teras,)
Moelong Lexi J, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosda)
Muchotob Hamzah, 2003, Study Al-Qur’an Komprehensif, (Yogjakarta: Gama Media)
Mufarokah Anisatul, 2009, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta:TERAS)
Muhyidin Muhammad, 2008, Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur’an, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Mulyono, 2012, Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. (Malang, UIN-Maliki Press) Mutmainnah Siti, 2011, Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di MI Al-Falah Beron Ngawi, (Semarang: skripsi tidak diterbitkan,)
Nashiruddin Al-Abani Syaikh Muhammad, Shahih Sunan Tirmidzi, (t.tp: t.p, t.t), no. 2646 Nasution, 2011, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Nawawi Imam, Riyadhus Sholihin Jilid 2, Terj. Muslich Shabir, (Semarang; Karya Toha Putra, T.p), No. 990
Nisa Izatun, 2015, Study Komparasi Metode Yanbu’a Dan Iqra’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ At-Taslimiyyah Samban Kec. Bawen Kab. Semarang Dan TPQ Al-Huda Calombo Kec. Tuntang Kab. Semarang, (Semarang: IAIN Salatiga)
Pimpinan Pusat Majlis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah Tulungagung, Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah. (Tulungagung: Pimpinsn Pusat Majlis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah (Tulungagung, 2008)
Poerwadarminta W.J.S, 1982, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka)
Pujiati Dwi, 2013 , “Peranan Lajnah Muroqobah Yanbu’a (LMY) Dalam Upaya Pembinaan Guru-Guru TPQ Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di Kecamatan Winong Kabupaten Pati”, (Pati: STAI Pati)
Rosibon Anwar, 2000, Ulumul Qur’an, (Bandung: Pustaka Setia Bandung,)
Sagala Syaiful, 2013, Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, (Bandung: Alfabeta)
Sanjaya Wina, 2007, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Soenarjo, 1971, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: madinah Al Munawarah,)
Sugiono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: ALfabeta)
Sukardi, 2008, Metedologi Penelitian Pendidikan Kompetisi Dan Praktiknya, (Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Sukmadinata Nana Syaodih, 2005, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Supian, 2012, Ilmu-ilmu Al-Qur’an Praktis, (Jakarta: Gaung Persada) Suryabrata Sumadi, 2005, Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,)
Tanzeh Ahmad, 2011, Metodologi Penelitian Praktis, cet ke-1, (Yogyakarta: Teras) Umar Bukhari, 2012, Hadist Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis. (Jakarta: Bumi Aksara)
Widiatmaja Rochiati, 2007, Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT. Rosdakarya)