http://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/issue/feedAn-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman2025-07-30T03:15:14+00:00Rangga Sa'adillah S.A.P.rangga@staitaswirulafkar.ac.idOpen Journal Systems<p><em><strong>An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, </strong></em>with ISSN (Online)<a title="ISSN Online An-Nafah" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211227220875301"> 2809-6584</a> and ISSN (Print) <a title="ISSN An-Nafah Cetak" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220104361124138">2809-7335</a> is a periodical scientific journal published by Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Taswirul Afkar Surabaya. The journal specializes in the study of Islamic education science, research and Islamic Studies. The Journal kindly invites scientists, scholars, professionals, researchers, teachers and students in the disciplines of Islamic education and Islamic Studies in the form of the contribution with articles to be published and disseminated through: the selection mechanism of the article, criticized by reviewer, and the editing process. The Journal is published twice a year in May and November.</p>http://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/56Pemikiran Tasawuf Amali Perspektif Sejarah Pendidikan Islam2025-07-30T03:15:14+00:00Mukhammad Wahyudiucokpuxa1111.ibien79@gmail.comRangga Sa'adillah S.A.P.rangga@staitaswirulafkar.ac.id<p><em>Artikel ini ditulis dalam rangka mengkaji pemikiran tasawuf secara umum dan khususnya dalam lingkup amaliah yakni tasawuf amali yang berjalan secara priodik mulai zaman nabi Muhammad SAW hingga saat ini.. Kajian yang dilakukan dalam kajian ini bersifat library research yakni, menjelaskan dan mendalami berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal, kitab, dokumen elektronik lainnya yang menjelaskan tentang alur pemikiran tasawuf tasawuf amali dengan ulasan analitis terhadap kajian historis. Istilah tasawuf amali adalah istilah amaliah praktis yang telah hadir sejak zaman nabi Muhammad SAW, namun dari segi nama baru terwujud pada priode keempat hijriyah. Pelaku pertama dari ajaran tasawuf amali ialah baginda nabi Muhammad SAW, di bawah situasi dan kondisi politis, sosial dan budayannya yang kuat. Abad modernisasi saat ini tasawuf amali secara langsung dan praktis memberikan konstribusi kajian tasawuf yang senantiasa dinamis dan memerlukan relevansi sesuai dengan perkembangan zaman, yang artinya internalisasi pola kepemimpinan dan kajian tasawuf mengalami kelonggaran, dan keringanan. Unsur-unsur sejarah tidak menjadi perhatian utama namun menjalankan priodesasi keilmuan yang baik dan menghadirkan alur sanad yang kuat dan relevan dengan media sosial merupakan sikap untuk memberikan perbaikan pemikiran sejarah tasawuf kepada orang lain agar menyampaikan pendapatnya, sekalipun pendapatnya salah dan variatif.</em></p>2025-05-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislamanhttp://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/66Perencanaan Sistem Pembelajaran Menghafal Al-Quran di SMK 2 Al-Hikmah 1 Benda Brebes2025-07-30T03:15:12+00:00Faiz Adittianfaiz.adit11@gmail.comPutriyani Putriyaniputriyani976@gmail.comIis Sugiarti191766029@mhs.uinsaizu.ac.id<p>Perencanaan sistem pembelajaran menjadi salah satu kegiatan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Perencanaan tersebut berisi semua aspek yang akan dijalankan dalam kurun waktu tertentu. Dalam artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan sistem pembelajaran menghafal Al-Quran diimplementasikan di lembaga pendidikan tepatnya di SMK 2 Al-Hikmah 1 Benda, Brebes. Temuan dalam asrtikel ini menunjukkan bahwa suatu lembaga pendidikan yang mempunyai perencanaan sistem pembelajaran, akan jauh lebih bermutu pendidikan yang ada di lembaga tersebut. Terutama bagaimana manajemen kurikulum di sebuah lembaga diaplikasikan dengan baik. Perencaan tersebut berisi manajemen kurikulum, pemilihan guru yang profesional, pelaksanaan perencanaan sistem pembelajaran menghafal Al-Quran, serta evaluasi perencanaan sistem pembelajaran di SMK 2 Al-Hikmah Benda. Langkah ini juga dijadikan sebagai bahan guna melakukan pengembangan kurikulum di lembaga tersebut agar mutu pendidikan menjadi lebih berkualitas.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislamanhttp://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/67Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP MBS Bumiayu2025-07-30T03:15:11+00:00Dewi Rokhmahrokhmahdewi02@gmail.comImam Subhi elhafdatbi12@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP MBS Bumiayu. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. </em><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan sistem penjaminan mutu pembelajaran PAI secara komprehensif melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang terstruktur. Perencanaan mutu dilakukan dengan menyusun kurikulum, silabus, dan RPP yang sesuai standar nasional serta nilai-nilai pesantren. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya dan media pembelajaran yang tersedia, serta metode pengajaran yang relevan dengan karakteristik siswa. Evaluasi mutu dilakukan secara berkala melalui tes tertulis, tugas proyek, observasi kelas, dan supervisi kepala sekolah. Selain itu, SMP MBS Bumiayu telah menerapkan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam pembelajaran PAI, mencakup standar isi, proses, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Peran kepala sekolah dan guru PAI menjadi kunci utama dalam menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. Kendala seperti keterbatasan dana dan waktu diatasi melalui strategi kolaboratif dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Dengan sistem penjaminan mutu yang kuat, pembelajaran PAI di SMP MBS Bumiayu berjalan efektif dan berkelanjutan</em>.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman