Teknologi Pendidikan Ruang Lingkup Dan Telaah Dalam Perspektif Pendidikan Islam

Main Article Content

Salekun Salekun
MIN 2 Kota Surabaya
Ahmad Shofiyuddin
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Teknologi pendidikan telah mengalami banyak dinamisasi serta mengisyaratkan bahwa teknologi pendidikan bisa bermakna pemanfaatan media pembelajaran untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan secara efektif kepada siswa. Budiman menjelaskan bahwa secara spesifik tidak akan ditemukan pengertian teknologi pendidikan Islam sebab pada dasarnya teknologi itu adalah sebuah sarana dan bukan merupakan objek kajian dari pendidikan Islam hanya saja secara substansi teknologi pendidikan itu begitu dibutuhkan dalam proses pendidikan maupun pembelajaran agama Islam. Bila teknologi itu merupakan sebuah media atau alat maka eksistensi teknologi dalam pendidikan Islam itu begitu dibutuhkan seperti kata mutiara, al-Thariqat ahammu minal maddah (metode [alat] lebih penting daripada materi). Kata mutiara tersebut cukup menyadarkan bahwa peran alat dalam dunia pendidikan Islam bisa lebih diutamakan daripada materi yang disajikan. Pendidikan Islam mempunyai sesuatu kekuatan yang sangat signifikan dipertahankan atau dikembangkan. Hal ini mungkin dapat dilihat dari tataran filosofis atau konseptual dan pengalaman selama ini dari lembaga-lembaga pendidikan Islam yang dari waktu ke waktu telah mampu tumbuh di tengah-tengah dinamika masyarakat.


Keywords: Teknologi Pendidikan, Pendidikan Islam, Media Pembelajaran
Ariani, Diana. “Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan Di Indonesia.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 5, no. 1 (2017): 1–9.
Assegaf, Abd. Rachman. Filsafat Pendidikan Islam : Paradigma Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Budiman, Agus. “Teknologi Pendidikan Dan Dinamika Pendidikan Agama Islam.” At-Ta’dib 3, no. 2 (2015): 20–34.
Haryanto. Teknologi Pendidikan. Yogjakarta: UNY Press, 2015.
Mahmud, Muchammad Eka. Teknologi Pendidikan Konsep Dasar Dan Aplikasi. Edited by Andi Hafitz Khanz, Sumarno, and Abul Kholik. Journal of Chemical Information and Modeling. Samarinda: Mulawarman University Press, 2020. http://repository.iain-samarinda.ac.id/bitstream/handle/123456789/862/TEKNOLOGI PENDIDIKAN.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Miarso, Yusufhadi. “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Cet III.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group (2007).
Mutmainah. “Pendidikan Islam, Civil Society Dan Problem Standarisasi Mutu.” Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam 7, no. 1 (2016): 133–156. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/3066.
Nasruddin Hasibuan. “Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam.” Logaritma Vol. III, no. 2 (2015): 100–115. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/149/1/8. Nasruddin-min.pdf.
Nata, Abudin. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2014.
Nc, Fatah Syukur, and Mohammad Nor Ichwan. Teknologi Pendidikan. RASAIL, 2005.
Sa’adillah, Rangga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berparadigma Kontekstual (Telaah Contextual Teaching and Learning Perspektif Teori Belajar).” TARBAWI 4, no. 1 SE-Articles (August 11, 2017). http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2916.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Pengetahuan. Bandung: Rosda Karya, 2009.
Tirtarahardja, Umar, and La Sulo. “Pengantar Pendidikan, Cet.” Ke-2, Jakarta: Rineka Cipta (2005).
Tolchah, Moch. “Filsafat Pendidikan Islam:” Filsafat Pendidikan 11, no. 2 (2015): 381–398.
Yuliana, Yeni. “Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19).” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 10 (2020): 875–894.
Salekun Salekun, MIN 2 Kota Surabaya

Guru dan Pendidik di MIN 2 Kota Surabaya

Ahmad Shofiyuddin, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri