Pemikiran Pendidikan Islam Sunan Giri Dan Sunan Bonang; Analisis Deskriptif dan Teks Wacana

Main Article Content

Laily Khumaidiyah
MI Taswirul Afkar 1 Surabaya

Nama Sunan Giri dan Sunan Bonang sebagai sosok pendakwah kultural agama Islam di Jawa sudah sangat termasyhur. Sebagaimana yang banyak diketahui bersama, kedua tokoh tersebut merupakan anggota dari Walisongo, yakni sebuah majelis penyebar agama Islam sangat popular diceritakan baik secara turun temurun hingga saat ini juga mulai bermunculan ulasan akademisnya. Salah satu tokoh yang sangat berjasa membawa Walisongo dalam ranah akademis ialah Sunyoto yang menulis sebuah karya fenomenal yakni Atlas Wali Songo. Sunan Giri dan Sunan Bonang akrab diceritakan sebagai pendakwah, akan tetapi masih minim karya akademis yang mengulas dua tokoh tersebut dalam ranah pendidikan. Keduanya memang seorang pendakwah, akan tetapi dalam kegiatan berdakwahnya mesti terdapat uraian-uraian konsep yang dapat dikategorikan sebagai pemikiran pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan konsep-konsep pemikiran pendidikan Sunan Giri dan Sunan Bonang melalui pelacakan literatur dalam jurnal-jurnal yang bisa dijangkau. Pelacakan literatur dalam jurnal-jurnal yang bisa dijangkau dipilih dan dipilah mana konsep yang relevan dengan pemikiran pendidikan kedua tokoh fenomenal tersebut kemudian disajikan dalam konstruk ulasan sebagaimana yang tertulis pada bagian pembahasan.


Keywords: Pemikiran Pendidikan Islam, Sunan Giri, Sunan Bonang
Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. Ringkasan Ihya’ Ulumuddin Karya Imam Al-Ghazali. Surabaya: Darul Abidin, 2014.
Anshory, Muhammad Isa, Didin Saefuddin Bukhari, and Tiar Anwar Bachtiar. “Pendidikan Ma‘rifatullah Dalam Kitab Bonang.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2020): 049.
Asmoro, Ryan Putra Langgeng. “Sunan Bonang,” 2016.
Djajadiningrat, Hoesein. Tinjauan Kritis Tentang Sajarah Banten: Sumbangan Bagi Pengenalan Sifat-Sifat Penulisan Sejarah Jawa. Djambatan, 1983.
Fadli, Failasuf, and Nanang Hasan Susanto. “Model Pendidikan Islam Kreatif Walisongo, Melalui Penyelenggaraan Pendidikan Yang Menyenangkan.” Jurnal Penelitian 11, no. 1 (2017): 25.
Nasih, Ahmad Munjin, and Lilik Nur Kholidah. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edited by Ali S. Mifka. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.
Pradana, Rizal Wahyu Bagas. “Bentuk Dan Makna Simbolik Ragam Hias Pada Masjid Sunan Giri.” Ruang Space 7, no. 1 (2020): 71–84. https://ojs.unud.ac.id/index.php/ruang/article/view/59383/34493.
Pradana, Rizal Wahyu Bagas, and Siti Mutmainah. “Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri: Tinjauan Seni Bangunan, Ragam Hias, Dan Makna Simbolik.” Jurnal Seni Rupa 7, no. 2 (2019): 55–64. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/29244/26780.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
S.A.P., Rangga Sa’adillah. “Kiai Dahlan Achyad; Perjuangan Dalam Pendidikan Islam.” Al Achyad: Jurnal Ilmu Keislaman 1, no. 1 (2016): 54–68.
Setiawan, Ahmad Yusuf. “Karya Sastra Sunan Giri Dalam Perspektif Dakwah Islam.” Jurnal An-Nida 7, no. 2 (2015): 161–170. https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/755/1015.
Ulfah, Rokhmah. “Mistik Sunan Bonang.” Teologia 24, no. 2 (2013).
Laily Khumaidiyah, MI Taswirul Afkar 1 Surabaya

Guru dan Pendidik di MI Taswirul Afkar 1 Surabaya