Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP MBS Bumiayu
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP MBS Bumiayu. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan sistem penjaminan mutu pembelajaran PAI secara komprehensif melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang terstruktur. Perencanaan mutu dilakukan dengan menyusun kurikulum, silabus, dan RPP yang sesuai standar nasional serta nilai-nilai pesantren. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya dan media pembelajaran yang tersedia, serta metode pengajaran yang relevan dengan karakteristik siswa. Evaluasi mutu dilakukan secara berkala melalui tes tertulis, tugas proyek, observasi kelas, dan supervisi kepala sekolah. Selain itu, SMP MBS Bumiayu telah menerapkan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam pembelajaran PAI, mencakup standar isi, proses, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Peran kepala sekolah dan guru PAI menjadi kunci utama dalam menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. Kendala seperti keterbatasan dana dan waktu diatasi melalui strategi kolaboratif dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Dengan sistem penjaminan mutu yang kuat, pembelajaran PAI di SMP MBS Bumiayu berjalan efektif dan berkelanjutan.
Cici Rusmaida, Neliwati, , Priska, and Safira Nur Permana. “Kinerja Guru PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui RPP Kurikulum 2013 Di SMP Islam Azizi Medan.” Jurnal Mu’allim 5, no. 2 (2023): 303–11. https://doi.org/10.35891/muallim.v5i2.3594.
Hamalik, O. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Mandar Maju, 2019.
Haryono, Haryono, Budiyono Budiyono, Istyarini Istyarini, Wardi Wardi, and Apri Ardiantoro. “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.” Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1, no. 1 (2019): 17–22. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28463.
Huberman, Matthew B. Miles dan A. Michael. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 2014.
Ibrahim, Tatang, and Ahmad Rusdiana. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bandung: Yrama Widya, 2021.
Kusaeri, Kusaeri, and Rangga Sa’adillah. “Telaah Epistemologis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Islamica: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (September 7, 2015): 344-372. Accessed July 9, 2025. https://islamica.uinsa.ac.id/index.php/islamica/article/view/231.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
Mubarok, H. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2020.
Mulyasa, E. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 7911–15. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.
Rokhmah, Dewi. “Religiusitas Guru PAI : Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa Di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro.” Jurnal Pendidikan Madrasah 6, no. 1 (2021): 105–16.
Rokhmah, Dewi, Chaerunnis Al Mukaromah, and Faiz Adittian. “Implementation of Total Quality Management.” In Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 1:375–90, 2023. https://doi.org/10.1080/09544129000000046.
Sa’adillah, Rangga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berparadigma Kontekstual (Telaah Contextual Teaching and Learning Perspektif Teori Belajar)”. Jurnal TARBAWI 4, no. 1 (August 11, 2017): 119–130. Accessed July 9, 2025. https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/42.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.
Yanto, Murni. “Manajemen Peningkatan Mutu Program Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri.” Manajer Pendidikan 11, no. 4 (2017): 385–93.
