Perencanaan Sistem Pembelajaran Menghafal Al-Quran di SMK 2 Al-Hikmah 1 Benda Brebes

Main Article Content

Faiz Adittian
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Benda, Brebes
Putriyani Putriyani
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Benda, Brebes
Iis Sugiarti
UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto

Perencanaan sistem pembelajaran menjadi salah satu kegiatan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Perencanaan tersebut berisi semua aspek yang akan dijalankan dalam kurun waktu tertentu. Dalam artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan sistem pembelajaran menghafal Al-Quran diimplementasikan di lembaga pendidikan tepatnya di SMK 2 Al-Hikmah 1 Benda, Brebes. Temuan dalam asrtikel ini menunjukkan bahwa suatu lembaga pendidikan yang mempunyai perencanaan sistem pembelajaran, akan jauh lebih bermutu pendidikan yang ada di lembaga tersebut. Terutama bagaimana manajemen kurikulum di sebuah lembaga diaplikasikan dengan baik. Perencaan tersebut berisi manajemen kurikulum, pemilihan guru yang profesional, pelaksanaan perencanaan sistem pembelajaran menghafal Al-Quran, serta evaluasi perencanaan sistem pembelajaran di SMK 2 Al-Hikmah Benda. Langkah ini juga dijadikan sebagai bahan guna melakukan pengembangan kurikulum di lembaga tersebut agar mutu pendidikan menjadi lebih berkualitas.


Keywords: Perenccanaan Sistem Pembelajaran, Program Menghafal Al-Quran, SMK 2 Al-Hikmah 1 Benda
Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed). California: SAGE Publications.
Ilyas. 2022. Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, 34-40.
Miles, M. B, Huberman, A. M., & Saldaña, J. 2020. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Fourth edition). California: SAGE.
Muhaimin dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasbi, Ibrahim. 2017. “Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis”, Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2, Desember.
Kusaeri, Kusaeri, and Rangga Sa’adillah. “Telaah Epistemologis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Islamica: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (September 7, 2015): 344-372. Accessed July 9, 2025. https://islamica.uinsa.ac.id/index.php/islamica/article/view/231.
Rachman, Fathor. 2018. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran, Jurnal Al-Wijdán: Journal Of Islamic Education Studies. Volume III, Nomor 2, November.
Rohani, Ahmad dan Ahmadi, Abu. 1990. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarata: PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: ALFABETA.
Santoso,Eko Budi, Dkk. 2023. Sistem Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pembelajaran Di Smp Qur’an Darul Fattah Lampung Selatan, Al-Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 01 No. 03, 146-155
Sa’adillah, Rangga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berparadigma Kontekstual (Telaah Contextual Teaching and Learning Perspektif Teori Belajar)”. Jurnal TARBAWI 4, no. 1 (August 11, 2017): 119–130. Accessed July 9, 2025. https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/42.
Siagian, S.P. 1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Sowell, Evelyn J. Tt. Curriculum An Integrative introduction. New York: Pearso Education, Inc.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairi. 2021. Perencanaan Sistem Pembelajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Idea Press.