Kontribusi Sekolah Ramah Anak Terhadap Pencegahan Bullying

Main Article Content

Annisaa Permatasari
UIN Sunan Ampel Surabaya
Zaini Tamin AR
UIN Sunan Ampel Surabaya

Pada era globalisasi, terdapat banyak kasus bullying atau perundungan khususnya terjadi pada lingkungan sekolah. Faktanya kasus ini terjadi dalam bentuk perbuatan verbal, fisik, psikologis yang mengakibatkan korban merasa tidak nyaman. Isu ini sangat menarik untuk dibahas ditengah isu-isu tentang bullying yang masih marak terjadi di lingkungan sekitar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan mengenai seberapa berkontribusinya sekolah ramah anak dalam mencegah bullying. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode pengumpulan data pustaka (library research) tanpa melakukan penelitian secara langsung atau turun ke lapangan. Bullying dapat menyebabkan anak-anak kehilangan karakter, seperti egois, memiliki watak yang keras, sering marah dan emosi. Tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan pencegahan yang harus dilakukan pada lembaga-lembaga formal termasuk di sekolah.Selain itu, masyarakat juga harus mendukung kegiatan pencegahan tindakan perundungan ini dengan cara mewujudkan lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman bagi anak-anak agar bisa meminimalisir terjadinya perundungan. Dengan hal ini penulisan artikel bertujuan untuk menghasilkan penjelasan tentang kontribusi sekolah ramah anak terhadap pencegahan bullying.


Keywords: Sekolah Rmaah Anak, Bullying, Pendidikan Humanis
Afifah, Intan. “Pengaruh Sekolah Ramah Anak Terhadap MotivasiBelajar Siswa (Studi Analisis SMKN40 Jakarta).” Jurnal Sains dan Teknologi Vol.5, No.1 (September 2023). https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1384.
Alwi, Said. Perilaku Bullying Di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, t.t.
Amrina. “Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022, 6803–12.
Anggraeni Dwi, Dinie. “Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital.” Jurnal Basicedu, 2021. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609.
Barida, Muya. “Pengembangan Perilaku Anak Melalui Imitasi.” Jurnal Care Edisi Khusus Temu Ilmiah, 2016, 13–20.
Bhaga B.J. Sekolah Ramah Anak (Kajian Teori dan Praktik). Literasi Nusantara Abadi., 2022.
Darmawan. “Pendidikan Perdamaian Dengan 12 Nilai Dasar Perdamaian.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2019, 55–71.
Efianingrum. “Membaca Realitas Bullying Di Sekolah : Tinjauan Multiprespektif Sosiologi.” DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi Vol.7, No.2 (19 Juni 2020): 1–12. https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32584.
Erlinda. “Bullying Di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, Dan Upaya Pencegahannya.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2022, 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751.
Ernawati. “embelajaran Nilai-Nilai Perdamaian untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Toleransi Pada Remaja di Surakarta.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 2023, 113–16.
Firdaus. ““Efforts to Overcome Bullying in Elementary School by Delivering School Programs and Parenting Programs through Whole-School Approach.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasa Vol.2, No.2 (2019): 49–60.
Firmansyah, Fitriawan Arif. “Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Al-Husna, 2022. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590.
Hadi Santosa. “Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Jakarta.” Jurnal Pendidikan Sejarah, 2021, 22–34.
Hajaroh, Mami. Analisis Kebijakan Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak Sekolah Ramah Anak Di Kawasan Pesisir Di Kawasan Pesisir Wisata. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta, 2017.
Hidayat. “Kekerasan terhadap anak dan perempuan.” Al-Murabbi:JurnalStudiKependidikanDanKeislaman, 2021, 22–33.
Leny Nuraeni. “Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Din.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, t.t., 2019.
Musdalifah. Bullying, 2020.
Nuri Rohmawati. “‘Kajian Program Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Dasar’,.” Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2019.
Octavia, dan Dian. “Fenomena Perilaku Bullying Pada Anak Di Tingkat Sekolah Dasar.” Riset Informasi Kesehatan 9, no. 1, 29 Juni 2020, 43. https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.273.
Olweus. Bullying at School. Australia: Blacwell, 1994.
“Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak.” Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2014.
Pramono, Wahyu, dan Dwiyanti Hanandini. “Tindak Kekerasan Terhadap Anak di Sekolah : Bentuk Dan Aktor Pelaku.” Jurnal Administrasi Publik dan pemerintahan 1 (2022): 1–12.
Qamaria, Rezki Suci. “Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying.” Kontribusi Vol.4 No.1 (November 2023). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265.
Rusmiati, Rusi. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Siswa Slow Learner Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid, 2023. https://doi.org/ttps://doi.org/10.61798/wjpe.v1i1.1.
Sa’ida, dan Naili. “Edukasi Stop Bullying Pada Anak.” Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.5, No.2 (Desember 2022): 178–83.
Sidera, Francesc, Elisabet Serrat, Jordi Collell, Georgina Perpiñà, Robinson Ortiz, dan Carles Rostan. “Bullying in Primary School Children: The Relationship between Victimization and Perception of Being a Victim.” International Journal of Environmental Research and Public Health 17, no. 24 (20 Desember 2020): 9540. https://doi.org/10.3390/ijerph17249540.
Siswati, dan Costrie Widayanti. “Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Di Semarang: Sebuah Studi Deskriptif’.” Jurnal Psikologi Undip, 2009.
Wardani, Kristi. “Penerapan program sekolah ramah anak di SDNegeri Tlacap pada masa pandemi covid-19.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) Vol.4, No.3 (November 2021).
Wulandari F. “Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur).” Journal of Educational Review and Research, 2020, 105–10. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158.
Wuri Wuryandani. “Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 2018, 86–94.
Zahra Prasmana, Dinda, dan Nadri Taja. “Keterlibatan Guru PAI dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa di SDN Lembang.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI), Juli 2024. https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3874.