Pembentukan Karakter Santri Mahad Baitul Hikmah Surabaya Melalui Pembelajaran Bahasa Arab
Main Article Content
Penelitian ini mengeksplorasi peran pembelajaran bahasa Arab dalam pengembangan kepribadian santri Mahad Baitul Hikmah dengan memotret aktivitas bahasa Arab dalam Mahad Baitul Hikmah, khususnya aktivitas bahasa Arab dalam Mahad Baitul Hikmah. Fokus analisisnya adalah pada penggunaan bahasa Arab dan kegiatan berbahasa Arab baik di dalam maupun di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab membantu siswa untuk terus mengembangkan kepribadiannya, didukung dengan hadirnya sistem pembelajaran bahasa Arab dan gaya belajar dalam Mahad Baitul Hikmah. Gaya dan sistem tersebut membentuk karakter peserta didik: komunikatif, disiplin, religius dan beretika, toleran dan bertanggung jawab, mandiri, percaya diri, dan penuh hormat.
Baidhillah Riyadhi, N. M. (2022). Urgensi Penguasaan Bahasa Arab Dalam Dakwah: Studi Kisah Guru Haji Ismail Mundu(1870-1957). 06(2), 365–374. https://online- journal.unja.ac.id/index.php/titian%0AP-ISSN:
Izfanna, D., & Hisyam, N. M. (2012). A Comprehensive Approach in Developing Akhlaq. Multicultural Education and Technologhy Journal, 6(6), 77.
Raihani. (2012). Report on Multicultural Education in Pesantren. Journal of Comparative and International Education Compare, 42(4),.
Siddiq, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta (Studi Etnografi),. Al-Ma’rifah, 14(2),.
Syamsu, P. K. (2018). Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. El-Ibtikar, 7(2),.
Wekke, I. S. (2014). Tradisi Pesantren dalam Konstruksi Kurikulum Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Minoritas Muslim Papua Barat. Karsa, 22(1),.
Zarkashy, A. H. (1991). Al-Lughoh Al-’Arabiyah fii Induunisiyya Diraasatan wa Tariikhon. Universitas Punjab.