Boarding School Sebagai Solusi Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di MTs NU Sindujoyo

Main Article Content

M. Imdadur Rohman
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik
Syaifudin Noer
Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan program boarding school, tahapan-tahapan menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik di MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data yang muncul agar kemudian bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program boarding school di MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik, belum sepenuhnya berprogram boarding school karena merupakan sekolah baru berdiri dan proses penataan fasilitas sarana prasarana menuju ke sekolah boarding school seutuhnya. Dan pada tahapan-tahapan pendidik dalam menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik melalui program semi boarding school, peserta didik sudah terlaksana dengan baik tetapi masih terdapat beberapa hal yang mempengaruhi stimulus respon peserta didik, meliputi tingkat kemandirian peserta didik yang masih belum menanamkan rasa percaya diri dalam dirinya serta masih menggantungkan terhadap peserta didik lain dalam proses mengerjakan tugas mandiri.


Keywords: Boarding School, kemandirian belajar, Pendidikan Agama Islam, Aswaja An-Nahdliyah
Catharina Gagne (2024), Psikologi Belajar , Semarang : UPT UNNES Press
Fathonah, Dewi Yulia, Taty Hernawaty, dan Nita Fitria. “Respon Psikososial Siswa Asrama di Bina Siswa Sma Plus Cisarua Jawa Barat.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 3.1 (2017)
Haidar Putra Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia,
(Jakarta : Kencana, 2007)
Hendriyenti. Skripsi: “Pelaksanaan Program Boarding School dalam Pembinaan Moral Siswa
di SMA Taruna Indonesia Palembang.” (Palembang: Edisi November, 2014)
Maksudin, Pendidikan Islam Alternatif Membangun Karakter Melalui sistem Boarding
School.(Yogyakarta: UNY Press 2013)
Maksudin. “Pendidikan Islam Alternatif: Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School” (Yogyakarta: UNY Press, 2010)
Mulyana Aina. “Pengertian Kemandirian Belajar Siswa dan faktor yang mempengaruhinya”
Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Mu’tadin. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologi Remaja, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Mustofa Anang, “Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,” Volume V, Nomor 1, Mei 201. Accssed September 22, 2022. http:// www.mpd.ustjogja.ac.id
Nata Abuddin. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di
Indonesia. (Jakarta : PT. Grasindo, 2013)
Rofiq. Tantangan dan Peluang Komunikasi Islam Era Globalisasi. (Jakarta:Islamika 2003)
Rosyadi, Moh. Imron, and Rangga Sa’adillah S.A.P. “Pendidikan Pranatal Dan Long Life Education Menurut Al-Qur’an”. An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 3, no. 1 (May 23, 2023): 1-10. Accessed July 12, 2023. https://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/31.
Priarni, Rina, Ainul Yaqin, Ali Imron, and Rangga Sa’adillah S.A.P. “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Lama Hingga Orde Baru; Perspektif Sejarah Pendidikan Islam Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Era Reformasi Di Indonesia”. An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 2, no. 2 (November 7, 2022): 100-109. Accessed July 12, 2023. https://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/27.
Sukarno Anton. Ciri-ciri Kemandirian Belajar. (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009)
Suparno. Teori Perkembangan Kognitif Jean Pieget (Jogjakarta: 2001)
Sardiman. “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. (Jakarta:Rajawali Press)
Uno Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya. (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Yamin Martinis. “Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan”. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008)